7 Fakta Mengejutkan Tentang Inkontinensia Urin

#Health
1. Inkontinensia Urin mempengaruhi jutaan orang
Inkontinensia urin adalah kondisi seseorang tidak bisa menahan buang air kecil. Orang menyebutnya kondisi kehilangan kontrol bladder atau kandung kemih. Apapun istilahnya, jika Anda mengalami kondisi ini, Anda mungkin akan merasa Anda adalah satu-satunya yang terkena, sebab umumnya orang tidak membicarakan hal ini kepada siapapun. Tapi faktanya Anda tidak sendirian, dari data menyebutkan bahwa 33% orang dewasa di Amerika Serikat terkena inkontinensia urin, atau artinya ada jutaan orang yang mengalami kondisi yang sama.

2. Inkontinensia urin bisa mengenai pria dan wanita.
Sebagian orang percaya bahwa inkontinensia urin adalah permasalahan bagi kaum wanita saja. Faktanya, kondisi ini bisa mengenai baik pria maupun wanita. Akan tetapi kaum wanita memiliki 2 kali kemungkinan risiko untuk terkena inkontinensia urin. Pria dan wanita berkecenderungan untuk terkena beberapa jenis inkontinensia urin disebabkan dari beberapa faktor pemicunya, namun seluruh penderita ini sepakat kondisi ini bisa menimbulkan stress dan rasa malu dari akibat yang ditimbulkannya.

3. Inkontinensia urin bukanlah kondisi normal akibat pengaruh usia.
Kemungkinan seseorang mengalami inkontinensia urin bisa terjadi seiring pertambahan usia, namun hal itu bukan semerta-merta menjadikannya hal yang lazim sebagai rangkaian dari bertambahnya usia seseorang. Melainkan beberapa perubahan fisik dari dampak pertambahan usia meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami beberapa kondisi selain inkontinensia urin, seperti pada wanita menjadi menopause dan pada pria terkena permasalahan pada prostat atau secara  umumnya terjadi kenaikan berat badan dan gangguan pencernaan. Segera periksakan kondisi Anda dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan bagaimana mengatasinya.

4. Inkontinensia urin pada wanita hamil dan setelah melahirkan biasanya bersifat sementara
Wanita yang hamil dan setelah melahirkan normal memiliki kondisi penekanan luar biasa pada jaringan pelvis termasuk kandung kemih, saluran kencing, syaraf  dan otot dasar panggul. Adalah sesuatu yang normal bagi wanita saat sedang hamil dan beberapa waktu setelah melahirkan normal mengalami inkontinensia urin.   Jaringan pelvis membutuhkan waktu untuk pulih kembali dan umumnya akan kembali normal. Bagi wanita yang masih mengalami hal ini setelah 6 minggu, harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah ada hal lain yang menjadi pemicunya.

5. Inkontinensia urin adalah gejala dari permasalahan lain
Kebocoran urin adalah sebuah tanda tentang adanya permasalahan lain pada sekitar jalur urin seperti kerusakan syaraf, otot yang melemah, penyumbatan atau infeksi. Bagi wanita, umumnya terjadi karena otot yang melemah dan jaringan pelvis. Bagi pria, BPH (Benign Prostatic Hyperplasia) menjadi sumber utama penyebabnya. Pria dan wanita kondisi tertentu seperti stroke, diabetes menjadi penyebab utama inkontinensia urin. Dengan mengetahui kondisi penyebab awal inkontinensia urin menjadi langkah awal dalam upaya mengatasinya.

6. Perubahan Lifestyle dapat membantu mengatasi inkontinensia urin
Perubahan Lifestyle menjadi faktor penting dalam mengatasi inkontinensia urin. Latihan kandung kemih, akan membantu mengembalikan kontrol untuk buang air kecil dan memperpanjang waktu untuk kamar kecil dari waktu sebelumnya.  Mengontrol asupan cairan yang masuk ke tubuh serta menghindari dari caffein dan alkohol adalah salah satu strategi lain yang bisa dijalankan. Menjaga berat badan yang normal, berhenti merokok, menghindari kondisi konstipasi atau susah buang air besar dan mengangkat beban yang berat juga sangat membantu.

7. Latihan mengontrol keinginan buang air kecil
Latihan Kegel dan latihan kandung kemih secara bersamaan dapat membantu menjadikan kondisi selalu ingin buang air kecil menjadi terkontrol. Umumnya wanita lebih mengenal manfaat latihan Kegel ini namun latihan ini juga baik untuk dilakukan oleh pria.  Latihan Kegel melatih otot pelvis yang menahan urin di kandung kemih. Anda dapat melatih ini oto ini dengan cara menahan buang air kecil atau menahan buang angin. Saat Anda tahu bagaimana cara menahannya, Anda akan dapat mengkontrolnya lebih lama lagi. Seperti latihan pada otot lainnya, latihan ini membutuhkan beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Untuk membantu upaya Anda selama proses mengatasi inkontinensia urin, mulailah pergunakan Popok Dewasa dengan kualitas yang baik. Confidence adalah produk popok dewasa dengan kualitas terbaik yang hadir untuk mengatasi masalah inkontinensia Urin. Dan telah teruji secara klinis oleh Australian Dermatologist sebagai popok dewasa yang aman bagi kulit sensitif sehingga aman digunakan untuk jenis kulit apapun.

Popok Dewasa Confidence memiliki dua tipe varian yang memiliki keunggulan sesuai dengan kebutuhan penderita inkontinensia; Popok Dewasa Confidence tipe perekat dan Popok Dewasa Confidence tipe celana. Popok Dewasa Confidence tipe perekat kini hadir Pertama di Indonesia dengan 3 Inovasi Terbaru yang memberikan kenyamanan lebih untruk para pemakainya.

3 Inovasi tersebut adalah:

1) Soft Breathable Cotton Care, bahan selembut kain yang bersirkulasi udara.

2) Extract Aloe Vera, mengandung aloe vera yang membuat lembut sehingga terhindar dari iritasi.

3) Durable Absorbent Core, memiliki daya serap ekstra cepat yang membuat permukaannya tetap kering.

Tetap semangat dalam berupaya mengatasi masalah inkontinensia urin dan jangan lupa berdoa untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Source:
https://www.healthgrades.com/conditions/10-surprising-facts-about-urinary-incontinence

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp