Kesehatan

Tips Aktif dan Percaya Diri ala Widyawati

5 menit baca
Resize 2496x1404Tips Aktif dan Percaya Diri ala Widyawati

Meski telah menginjak usia 72 tahun, aktris senior Widyawati masih tampil bugar, percaya diri dan aktif berkarya. Widyawati masih aktif menggeluti kariernya di industri seni peran Indonesia. Beberapa penghargaan pun telah diraihnya baik di skala nasional maupun internasional seperti penghargaan dalam ajang Festival Film Asia Pasifik (APFF) 2020.

Kepada media, Widyawati membuka kunci rahasia tetap bugar dan percaya diri meski usia sudah senior. “Seringkali ketika usia semakin bertambah, kita merasa kehilangan semangat karena berpikir saya sudah tua. Namun untuk tetap dapat aktif berkarya itu pilihan. Semua kembali ke masing-masing. Hidup sehat, bebas dan bahagia itu kunci utamanya,” ujarnya.



Minum Air Putih di Pagi Hari

Widyawati mengaku memiliki ritual rutin yang dilakukannya setiap pagi seperti minum air putih setelah bangun tidur. Air putih di pagi hari dapat mendetoksifikasi racun sekaligus menghidrasi kulit agar tidak kering.



Asupan Jus Wortel secara Rutin

Setelah minum air putih, biasanya rutinitas pagi dilanjutkan dengan segelas jus sayur dan buah. Khususnya jus wortel, karena mengandung banyak vitamin yang baik bagi kesehatan kulit. Jika bosan, ia biasanya mencampur jus wortel dengan buah-buahan atau sayur lainnya.



Stop Santan dan Makanan Berlemak

Sejak tahun 2011, Widyawati sudah tidak mengonsumsi santan. AIasannya karena santan mengandung lemak tinggi yang berpengaruh buruk pada tubuh khususnya pada lansia.

Selain santan, Widyawati juga menghindari makanan berlemak dan makanan olahan. Ia mengatakan, “Kurangi lemak, ganti nasi putih menjadi nasi merah. Gunakan gula batu yang berwarna kekuningan karena itu lebih sehat dan tanpa pewarna,” ujarnya.



Tidak Mengonsumsi Daging Merah

Widyawati juga mengaku pantang mengonsumsi daging merah sejak 20 tahun lalu saat almarhum sang suami, Sophan Sophiaan, masih ada. Hal ini karena daging merah juga mengandung tinggi lemak. Makanan tinggi lemak dapat menyebabkan risiko obesitas pada lansia yang metabolismenya sudah mulai melambat, juga dapat membuat kulit kusam.



Istirahat yang Cukup

Meski tetap aktif berkarya, Widyawati tetap menjaga kuantitas dan kualitas waktu tidur. Istirahat yang cukup dengan tidur 8 jam di malam hari adalah salah satunya. Tidur yang cukup akan membuat tubuh lebih sehat, meningkatkan imunitas, mengurangi risiko obesitas dan tentu baik untuk anti-aging.



Minum Vitamin

Selain menjaga asupan, Widyawati juga rajin mengonsumsi vitamin khususnya vitamin D, C dan E yang baik untuk kulit. Jurnal kedokteran pada tahun 2020 menyebutkan bahwa satu dari dua orang Indonesia justru mengalami defisiensi vitamin D. Padahal vitamin D sangat berperan untuk anti-aging dan mengurangi risiko depresi.



Rajin Berolahraga

Dalam menjaga stamina tubuhnya, Widyawati melakukan Olahraga Hidup Baru (Orhiba) setiap pagi sebelum melakukan aktivitas. Orhiba dilakukan dengan menghadap matahari pagi, menapak tanah atau rumput tanpa alas kaki dan melakukan gerakan-gerakan ringan. Widyawati juga rutin melakukan yoga.



Menjalankan Hobi dan Karya

Menurut Widyawati, menjaga diri tetap aktif sangat berdampak positif bagi kesehatan fisik dan mental. Setiap orang pasti memiliki hobi. Lakukan saja apa yang disukai, yang penting tubuh tetap bergerak dan otak terasah. Kegiatan ini mendorong Kesayangan agar tetap terstimulasi fisik dan mental setiap harinya.



Bersyukur dan Positive Thinking

Tetap bersyukur juga menjadi prinsip yang dipercayainya dalam menjalani hidup. Sejak usia 50 tahun, dia semakin sadar untuk terus mempertahankan kesehatannya baik secara fisik maupun mental. Secara fisik dengan pola hidup sehat dan secara mental dengan selalu menikmati hidup dengan positive thinking. Jalani hidup dengan apa adanya, tidak perlu ngoyo dan overthinking.

Definisi cantik menurut Widyawati adalah sehat. Orang yang sehat pasti cantik, tapi orang cantik belum tentu sehat. Kesehatan jauh lebih penting. Dengan menjaga diri tetap sehat, maka segala aktivitas lebih nyaman dilakukan. Sehingga dapat berkarya lebih banyak lagi dan tetap penuh percaya diri di usia senja.

Widyawati merekomendasikan Confidence Pants agar tetap aktif berkegiatan dengan nyaman dan penuh percaya diri. Berbahan Lycra yang elastis dan pas di badan seperti memakai celana dalam biasa, daya serap ekstra hingga 6x dan SAP antibakteri untuk cegah pertumbuhan bakteri.

Confidence Pants mendukung Kesayangan tetap aktif berkarya di usia senja. Jangan biarkan inkontinensia urin menghalangi semangat percaya diri Kesayangan ya, Caring People!