Perawatan Inkontinensia Urin

Ringankan Inkontinensia Urin dengan Latihan Kandung Kemih

5 menit baca
Resize 2496x1404_Ringankan Inkontinensia Urin dengan Latihan Kandung Kemih

Caring People, seperti yang sudah kita ketahui bersama jika selain umur ada banyak hal lain yang bisa menyebabkan inkontinensia urin. Salah satu dari penyebab tersebut adalah melemahnya otot kandung kemih sehingga tidak dapat menahan urin yang seharusnya tersimpan hingga batas tertentu. Hal ini menyebabkan pengidapnya dapat mengalami kebocoran urin tiba-tiba saat tertawa, batuk, atau kaget. Dalam kasus yang kronis, pengidapnya sudah tidak dapat menahan urin sama sekali hingga berkemih, bahkan saat tidur.

Untuk menghindari hal tersebut, ternyata ada beberapa cara yang bisa Kesayangan lakukan untuk melatih otot dan kandung kemih, serta menjadi salah satu cara pencegahan sejak dini yaitu latihan kandung kemih. Latihan ini dimaksudkan untuk pembiasaan dan pengkondisian kantung kemih Kesayangan. Penasaran apa saja latihannya? Simak di bawah ini ya!



Ragam Latihan Kandung Kemih
Latihan kandung kemih ini secara umum dapat dibagi menjadi beberapa aktivitas. Tetapi harap dijadikan sebuah catatan, untuk Kesayangan di rumah tetap konsultasikan ke dokter sebelum memutuskan untuk melakukan aktivitas ini agar keamanan Kesayangan tetap dapat terjamin.

1. Intervensi Perilaku
Hal pertama yang bisa dilakukan adalah intervensi perilaku. Latihan ini bertujuan untuk mengubah sebuah kebiasaan yang ada pada diri Kesayangan dalam membantu meringankan atau mencegah inkontinensia urin.

Hal ini cukup mudah, ada 2 hal yang bisa Kesayangan lakukan. Pertama adalah melakukan pengaturan pola makan untuk menjaga berat badan dan mengubah kebiasaan makan. Kedua adalah dengan melakukan buang air kecil secara berkala dalam waktu 2 hingga 4 jam. Dengan begitu, tubuh Kesayangan dapat terbiasa membuang air kecil tanpa harus menunggu kandung kemih penuh.

2. Senam Kegel
Latihan kedua yang dapat dilakukan adalah senam kegel. Sebagian orang menganggap olahraga ini diperuntukkan untuk kaum wanita karena dirancang untuk mengatasi gangguan otot panggul bagian bawah setelah melahirkan, tetapi pada dasarnya olahraga ini juga memiliki manfaat bagi kaum pria.

Gerakan senam kegel akan mengencangkan dan mengendurkan otot dasar panggul. Hal ini juga berpengaruh kepada otot melingkar yang ada pada kandung kemih atau yang biasa disebut sfingter. Hal ini dapat membuat Kesayangan dapat melakukan kontraksi secara tidak sadar untuk menahan urin yang akan keluar.

Baca Juga: SERING BUANG AIR KECIL PADA LANSIA? SAATNYA MENJAGA POLA HIDUP SEHAT

3. Double Voiding
Kegiatan ketiga yang dapat dilakukan adalah melakukan double voiding. Latihan ini untuk memompa urin agar kandung kemih kosong sepenuhnya. Caranya dengan menahan urin pada saat Kesayangan buang air kecil.

Ketika Kesayangan sedang buang air kecil, biarkan keluar untuk sesaat, lalu tahan dan kembali buang air kecil dalam kondisi jongkok atau duduk. Dengan cara buang air kecil dua kali dalam satu waktu, kandung kemih akan mengeluarkan urin lebih banyak daripada biasanya sehingga bisa mengosongkan urin yang ada.



Manfaat Latihan Kandung Kemih

Jika Caring People melakukan latihan kandung kemih tersebut dengan teratur, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan. Beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengencangkan Otot Kandung Kemih
Sebagai salah satu penyebab inkontinensia urin, mengencangkan dan menjaga elastisitas otot kandung kemih menjadi manfaat utama yang bisa Kesayangan dapatkan dengan melakukan latihan kandung kemih.

Meskipun tidak dapat terlihat secara fisik, tetapi Kesayangan akan terbantu secara tidak sadar ketika terpaksa menahan urin saat ingin buang air kecil atau ketika sedang menghadapi situasi yang dapat menyebabkan berkemih secara tiba-tiba, seperti tertawa, kaget, atau batuk.

2. Berkemih Secara Terjadwall
Manfaat ini akan terasa setelah Kesayangan melakukan metode intervensi perilaku. Dengan terjadwalnya buang air kecil, Kesayangan dapat memperkirakan kapan harus pergi ke toilet untuk buang air kecil.

Hal ini akan sangat membantu jika Kesayangan dengan inkontinensia urin sedang melakukan perjalanan jauh. Caring People dapat dengan tepat menjadwalkan kapan perjalanan berhenti untuk melakukan istirahat, sehingga Kesayangan bisa lebih nyaman dan tidak rewel mencari toilet.

3. Melatih Respon Tubuh
Manfaat ini bisa Kesayangan rasakan pada situasi-situasi tertentu, misalnya saat ada acara keluarga atau kumpul dengan teman. Ketika penderita inkontinensia berkemih secara tidak sengaja karena tertawa, batuk atau kaget, tubuh dapat merespon dengan menekan otot kandung kemih dengan cepat sehingga tidak merembes banyak.

Selain itu, melatih respon tubuh ini juga berguna agar tubuh mengirimkan tanda-tanda tidak nyaman bahkan sebelum kandung kemih penuh, sehingga Kesayangan tidak perlu takut menahan urin.


Berikan Confidence Pants agar Kesayangan Berani Lebih Pede

Selain melakukan latihan kandung kemih, Caring People juga dapat memberikan Confidence Pants sebagai langkah pencegahan inkontinensia urin untuk Kesayangan.

Dengan 6x ekstra penyerapan, Confidence Pants menyerap lebih banyak dan menjaga Kesayangan tetap kering sepanjang waktu tanpa perlu khawatir bocor. Selain itu, Confidence Pants juga aman digunakan untuk kulit sensitif, karena sudah teruji klinis oleh dermatologis di Australia dan menggunakan SAP antibakteri untuk menghambat pertumbuhan bakteri agar tidak menimbulkan alergi serta ruam.

Terbuat dari bahan Lycra yang elastis, Confidence Pants tidak menghalangi pergerakan Kesayangan. Selain itu, Kesayangan juga tidak perlu khawatir terlihat memakai popok karena Confidence Pants bentuknya pas di badan seperti memakai celana dalam biasa.

Berikan yang terbaik untuk mendukung Kesayangan berdamai dan mengendalikan inkontinensia urin dengan latihan kandung kemih, serta berikan Confidence Pants yang selalu siap menjaga Kesayangan!