ALZHEIMER

ALZHEIMER

Apa itu Alzheimer?

Penyakit Alzheimer adalah kelainan otak yang secara perlahan merusak daya ingat dan keterampilan berpikir, dan akhirnya, kemampuan untuk melakukan tugas-tugas yang paling sederhana. Pada kebanyakan orang dengan penyakit ini — orang-orang dengan tipe serangan lambat — gejala pertama kali muncul di usia 60-an.

Perbedaan Alzheimer & demensia

Dimensia menjadi istilah kedokteran yang menggambarkan gejala yang terjadi ketika otak dipengaruhi oleh penyakit tertentu, yaitu kehilangan memori, kesulitan berpikir, sulit memecahkan masalah, dan akhirnya kesulitan berbicara. Dimensia terjadi karena otak mengalami kerusakan akibat penyakit, seperti Alzheimer atau stroke.

Gejala Alzheimer

Pada tahap awal, penderita akan mengalami gangguan daya ingat yang lebih bersifat ringan, seperti lupa nama orang, nama tempat, serta kejadian dan percakapan yang belum lama terjadi. Pada tahap lanjut, penderita akan sulit bicara atau menjelaskan suatu hal, sulit merencanakan sesuatu, sulit mengambil keputusan, cenderung bingung, dan mengalami perubahan kepribadian.

Pada tahap lanjut, penderita akan sulit bicara atau menjelaskan suatu hal, sulit merencanakan sesuatu, sulit mengambil keputusan, cenderung bingung, dan mengalami perubahan kepribadian.

Penyebab Alzheimer
  • Penuaan.
  • Riwayat keluarga Alzheimer.
  • Membawa gen tertentu.
Tanya via WhatsApp