Perbedaan Demensia dan Alzheimer

Perbedaan Demensia dan Alzheimer yang Harus Diketahui Saat Merawat Orang Tua

#Health
Sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab Caring People untuk merawat orang tua Kesayangan. Di usia yang tidak lagi muda, beberapa gangguan kesehatan bisa terjadi misalnya seperti demensia. Pada kenyataannya, banyak orang menganggap demensia dan alzheimer adalah sebuah penyakit yang sama, padahal ada perbedaan demensia dan alzheimer yang harus Caring People ketahui agar tidak salah menilai gangguan kesehatan yang Kesayangan alami.

Sebetulnya, apa itu demensia? Apa yang perlu Caring People ketahui? Demensia pada dasarnya adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai gejala-gejala yang mempengaruhi performa Kesayangan dalam aktivitas sehari-hari, kemampuan komunikasi, dan otak. Berbeda dengan alzheimer, alzheimer merupakan sebuah penyakit pada otak yang secara perlahan dan bertahap  merusak fungsi intelegensi dan memori. Bisa disimpulkan bahwa alzheimer adalah salah satu tipe atau penyebab dari demensia.

Sekilas demensia dan alzheimer memiliki gejala yang sama, yaitu gangguan memori, kesulitan dalam berkomunikasi, dan penurunan kemampuan berpikir. Namun, jika diperhatikan lebih spesifik, terdapat perbedaan gejala antara demensia dan alzheimer. Berikut gejala yang harus Caring People ketahui saat merawat orang tua:
1. Gejala demensia
Gejala demensia tergantung dari penyebabnya dan beberapa gejalanya mungkin bisa serupa dengan alzheimer. Beberapa gejala demensia yaitu, lupa rangkaian kejadian atau informasi, terus mengulangi komentar atau pertanyaan dalam waktu berdekatan, lupa meletakan barang yang sehari-hari digunakan, tidak mengetahui tanggal dan waktu, sulit mengucapkan apa yang ada dipikiran, dan mood mudah berubah.

2. Gejala alzheimer
Pada penyakit alzheimer, gejala yang ditimbulkan tidak hanya sekedar gangguan memori. Gejala yang ada pada penyakit alzheimer berupa rasa acuh tak acuh, menurunnya kemampuan untuk menilai sesuatu, kesulitan untuk mengingat percakapan atau kejadian yang baru saja terjadi, depresi, kebingungan, perubahan perilaku, dan disorientasi.

Perbedaan demensia dan alzheimer secara mendasar bisa dilihat dari aspek penyebabnya. Penyebab demensia biasanya karena adanya kerusakan pada sel-sel saraf yang ada di otak. Rusaknya sel-sel saraf tersebut dipicu oleh sejumlah faktor risiko, seperti gangguan pembuluh darah otak, stroke, tumor otak, gangguan metabolisme, kelainan genetik, kolesterol tinggi, diabetes, dan keracunan bahan kimia. Sedangkan penyebab alzheimer sampai saat ini belum diketahui secara pasti, namun para ahli menduga adanya aktivitas dua protein yakni beta-amyloid dan tau.

Saat merawat orang tua yang memiliki gejala demensia ataupun alzheimer seperti di atas, Caring People bisa memberikan yang terbaik seperti popok dewasa Confidence untuk membantu beraktivitas sehari-hari. Popok dewasa Confidence dirancang khusus untuk membantu Kesayangan mengurangi intensitas mereka dalam buang air kecil. 

Dengan menggunakan popok Confidence, Caring People bisa membantu menurunkan risiko gejala alzheimer seperti kebingungan yang berdampak pada Kesayangan dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Kesayangan tidak perlu lagi memikirkan ke mana mereka harus pergi saat merasa ingin buang air kecil. Dengan mengurangi risiko alzheimer atau demensia, kamu sudah bisa membuktikan diri sebagai #TheExpertOfCaringPeople dalam merawat orang tua.

Jangan lupa untuk mengikuti #TheExpertOfCaringPeople Photo Challenge dengan share foto & tips Caring People merawat orang tua di Facebook & Instagram @confidenceadultcare. Menangkan puluhan juta hadiah menarik, seperti smartphone, smart TV & voucher belanja. Download juga EBook Kiat Sehat Di Usia Senior. Info selengkapnya klik di sini. 


Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp