kesehatan lansia

Waspadai Gejala Kanker Prostat Sebelum Terlambat

#Health
Pasti Caring People sering sekali mendengar istilah kanker prostat. Namun, jarang yang mengetahui seperti apa kanker prostat itu. Menurut American Cancer Society, kanker prostat merupakan kanker yang berkembang di dalam kelenjar prostat pria dan umumnya kanker ini ditandai dengan gangguan buang air kecil. Sebagian besar penderita kanker prostat berusia di atas 65 tahun tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi di usia yang lebih muda. Kanker ini tidak bersifat agresif dan berkembang secara perlahan di kandung kemih manusia.
 
Sebelum kita bicara soal kanker prostat lebih dalam, sebaiknya mengenal apa itu prostat. Prostat merupakan kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih dan merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat sendiri berfungsi sebagai penghasil semen atau cairan yang dikeluarkan bersama sperma saat ejakulasi. Melansir data WHO, kanker ini adalah salah satu jenis kanker yang paling sering diderita oleh pria. Maka dari itu, sebelum terlambat alangkah baiknya kita mengenali beberapa gejala kanker prostat berikut ini:
 

 1. Nyeri saat buang air kecil

Masalah ini terjadi karena adanya tumor prostat yang menekan saluran kemih. Namun, bila Caring People merasa nyeri jangan langsung mengira bahwa itu adalah kanker prostat. Bisa jadi ini merupakan gejala infeksi prostat yang disebut prostatitis atau tanda hiperplasia prostat (pembesaran prostat jinak) yang bukan merupakan kanker.

2. Keluar darah saat buang air kecil

Jangan diabaikan apabila saluran kemih Caring People mengeluarkan darah saat buang air kecil. Meski belum tentu disebabkan karena kanker prostat alangkah baiknya jika segera memeriksakannya ke dokter. Terkadang infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan gejala ini.

3. Nyeri di beberapa bagian tubuh

Kerap kali rasa nyeri akibat kanker prostat menyebar di beberapa bagian tubuh seperti punggung bagian bawah, punggung bagian atas dan pangkal paha. Harap segera periksakan ke dokter apabila tiba-tiba Caring People merasakan nyeri di bagian ini.

4. Frekuensi buang air kecil meningkat

Jika seluruh gejala di atas ditambah Caring People merasa keinginan buang air kecil semakin meningkat terutama di malam hari, maka Caring People sebaiknya segera konsultasi ke dokter agar dapat dilakukan tindakan preventif sejak dini. Agar tetap nyaman beraktivitas saat frekuensi buang air kecil sedang meningkat, gunakan Confidence Men Adult Pants yang memiliki desain slim fit dan menyesuaikan bentuk tubuh Caring People. Confidence Men Adult Pants juga dilengkapi dengan teknologi Side Leak Guards yang melindungi Caring People dari kebocoran dari samping.

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp