cara merawat orang tua

Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari untuk Para Senior

#Health
Seiring bertambahnya usia, berbagai gangguan kesehatan seringkali menghampiri. Bahkan, tidur di malam hari tidak luput menjadi salah satu permasalahan yang bisa dialami oleh orang yang sudah berusia senior. Meski terkesan sepele, tidur merupakan salah satu aktivitas yang penting bagi tubuh. Jika orang tua Caring People kurang tidur, berbagai fungsi normal tubuh akan terganggu, mulai dari kurang fokus di siang hari, stres, hingga tekanan darah meningkat.
Gangguan tidur yang dialami oleh para senior bisa serupa insomnia, sulit untuk tertidur, tidur yang gelisah, sleep apnea atau gangguan pernapasan singkat selama tidur, sindrom kaki gelisah atau keinginan berlebihan untuk menggerakkan kaki ketika tidur, sindrom gerakan tubuh periodik ketika tidur, siklus tidur – bangun yang terganggu, atau gangguan pada fase REM. Tidak jarang juga penyakit seperti parkinson, alzheimer, arthritis, masalah saraf, pencernaan atau pernapasan, inkontinensia urin (kebocoran urin), dan lainnya juga dapat menjadi penyebab gangguan tidur pada lansia.
Caring People tidak perlu khawatir, ternyata ada beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan agar orang tua tersayang memiliki kualitas tidur yang baik. Berikut beberapa caranya:
 
1.    Jadwal tidur yang teratur
Mengatur pola jam tidur di malam hari akan membantu menentukan siklus tidur dan bangun mereka setiap hari. Tidur merupakan proses homeostatic, yaitu sistem pengaturan tubuh otomatis dengan pola harian dan terkait dengan ritme sirkadian. Para senior tidak perlu tidur selama delapan jam penuh, tujuh jam sudah menjadi standar yang cukup bagi kebanyakan orang dewasa.

2.    Jauhkan gadget dan barang elektronik
Jauhkan segala macam gangguan yang dapat mempengaruhi tidur malam, misalnya televisi, radio, telepon, komputer dan lain sebagainya. Karena gelombang elektronik dapat mempengaruhi kondisi rileks pada otak, terutama saat tidur.
 
3.    Ciptakan suasana mendukung tidur lebih lelap
Matikan lampu ketika tidur atau minimalkan cahaya yang bisa mengganggu tidur. Cahaya yang minim dapat membantu tertidur lebih cepat, dan gunakan lampu yang memiliki watt rendah. Pastikan kamar tidur tenang, redup dan sejuk serta nyaman.
 
4.    Perhatikan posisi tidur
Kenyamanan bantal yang digunakan bisa mempengaruhi kualitas tidur. Terkadang pada kondisi tertentu seperti pada orang dengan gagal jantung membutuhkan beberapa tumpuk bantal agar tidak sesak saat tidur. Bisa jadi, keluhan sulit tidur disebabkan oleh bantal atau posisi tidur yang tidak tepat. Jadi, jangan disepelekan perihal posisi tidur. Sebab posisi tidur yang salah dapat berisiko munculnya suatu gangguan yang serius.
 
5.    Melegakan sindrom kaki gelisah
Sindrom ini terjadi ketika kaki seperti sulit untuk tetap diam selama mencoba tidur, hal ini yang paling umum terjadi pada usia senior. Begitu juga gerakan tubuh periodik sementara yang melibatkan kaki menendang ketika sedang tidur. Perawatan yang dilakukan termasuk menghentikan tembakau dan alkohol, mandi air hangat, menggunakan pemanas atau alat pembungkus kaki, juga suplemen zat besi untuk orang – orang dengan tingkat zat besi rendah.
 
6.    Rutin berjemur matahari pagi
Sinar matahari ternyata dapat membantu tidur lebih nyenyak. Sekitar 30 menit hingga satu jam paparan sinar matahari dalam sehari bisa meningkatkan kebiasaan tidur. Usahakan untuk keluar di pagi hari ketika sinar matahari belum membahayakan kulit, entah itu sekedar berjalan kaki, bersepeda, berkebun, atau menyempatkan diri beraktivitas di luar ruangan sesekali jika Anda sudah terlalu lama di dalam rumah.
 
7.    Memberikan kenyamanan dari inkontinensia
Agar tidur malam hari jauh dari rasa khawatir dari inkontinensia yang sulit dihindari, berikan Confidence Adult Premium Night popok dewasa tipe perekat yang diperuntukan untuk lansia dengan kondisi tirah baring. Popok ini dilengkapi dengan 3 Inovasi baru yaitu berbahan Clothlike yaitu selembut kain dan terasa sejuk, mengandung ekstrak Aloe Vera yang membuat permukaan dalamnya lembut sehingga tidak mengakibatkan iritasi di kulit, dan membuat popok nyaman di gunakan serta berdaya serap extra cepat sehingga orang tua akan merasa nyaman serta Caring People menjadi lebih mudah dalam merawat orang tersayang. Popok ini juga dilengkapi Side Leak Guard, pelindung samping untuk melindungi cairan sehingga tidak perlu khawatir terjadi kebocoran.
 
Jika kiat untuk mengatasi susah tidur pada orang tua di atas sudah Caring People lakukan dan keluhan susah tidur masih dialami, segeralah berkonsultasi lebih lanjut dengan ahlinya. Caring People bisa konsultasikan lebih lanjut melalui Tanya Dokter di sini dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp