Kesehatan Lansia

Terlalu sering lelah pertanda alami kecemasan berlebih

#Health
Salah satu yang jadi faktor penting pola hidup sehat lansia adalah waktu tidur yang cukup. Tidak seperti Caring People, orang tua membutuhkan waktu tidur yang lebih lama untuk menjaga kesehatan orang tua tetap stabil.

Namun sering kali, Caring People ataupun orang tua merasa lelah dan ingin tidur secara terus menerus. Ternyata menurut sejumlah penelitian hal tersebut bisa menjadi pertanda Caring People atau orang tua memiliki gejala kecemasan berlebih.

Kecemasan  adalah hal yang normal bagi semua orang, terutama jika mereka sedang mengalami hari-hari yang berat. Kecemasan bisa berasal dari semua hal, mulai dari pola hidup yang tidak sehat, asupan makan tidak baik, terlalu banyak pikiran dan masih banyak lagi.

Hal yang harus diperhatikan adalah apabila kecemasan yang dialami terjadi dalam waktu yang cukup lama dan sering muncul tiba-tiba. Hal tersebut dapat menjadi indikasi seseorang mengalami gangguan kecemasan hingga mungkin kesehatan.

Kecemasan adalah perasaan gugup, wajarnya seseorang mengalami kecemasan apabila dalam situasi yang menegangkan seperti wawancara kerja, ujian sekolah, mengambil keputusan penting dan masih banyak lagi. Rasa cemas sebetulnya hal yang wajar dan reaksi yang tubuh yang dapat membantu kita untuk lebih waspada terhadap kejadian disekitar kita.

Untuk mencengah kecemasan yang berlebih agar kesehatan tetap senantiasa terjaga, sebaiknya kita mengenali beberapa faktor yang menjadi pemicu gejala kecemasan itu sendiri, di antaranya:

- Pengalaman negatif yang menyebabkan stres atau trauma psikologis.
- Keturunan.
- Gangguan kepribadian.
- Masalah hidup yang besar, misalnya quarter life crisis.
- Efek samping obat atau zat tertentu, termasuk kafein dan narkoba.
- Penyakit tertentu, seperti gangguan irama jantung dan penyakit tiroid.

Terdapat banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa lepas dari gangguan kecemasan yang dialami:
- Melakukan hal yang disukai
- Mendatangi orang yang kita percayai
- Melakukan hal baru
- Keluar ruangan mencari sinar matahari
- Pola makan sehat
- Ubah pola hidup sehat dengan tidur cukup
- Berolahraga 
- Berpikir positif 

Lakukan hal di atas bila Caring People atau orang tua sedang mengalami kecemasan, hal di atas tersebut ampuh mengurangi rasa kecemasan yang sedang dialami. Jika saat sedang mengalami kecemasan Caring People susah untuk berpikir positif cobalah untuk meraih teman atau orang yang Caring People percayai untuk menceritakan keluh kesah yang sedang Caring People alami. 


Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp