Kesehatan Lansia

Stress picu gejala lambung, apa hubungannya?

#Health
Pola hidup lansia harus senantiasa diperhatikan oleh Caring People. Asam lambung menjadi gejala kesehatan lansia yang umum terjadi. Gejala asam lambung bukan hanya menyerang kesehatan lansia, tapi juga bisa menyerang berbagai kalangan usia. Bahkan, sejumlah penelitian menyebut gejala asam lambung mulai menyerang anak usia mulai belasan tahun.

Jika Caring People pernah merasakan mulut terasa pahit, sakit tenggorokan dada yang terasa terbakar dan nyeri dibagian perut atas, berarti Caring People sedang mengalami asam lambung.

Terdapat  beberapa faktor yang menyebabkan kesehatan lansia terganggu karena asam lambung ,di antaranya adalah pola hidup lansia yang kurang baik seperti pola makan yang tidak sehat, sering merokok, minum alkohol dan stres. Stres memang memiliki hubungan erat dengan gejala asam lambung. Menurut penelitian kecemasan dapat meningkatkan gejala refluks asam (naiknya asam lambung ke kerongkongan) yang mengganggu kesehatan lansia.

Lalu apa hubungan sebenarnya yang mempengaruhi gejala stress hingga memicu asam lambung? Para peneliti mengajukan beberapa kemungkinan alasan fisik untuk ini: 
- Kecemasan dapat mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, yang merupakan pita otot yang menjaga perut tetap tertutup dan mencegah asam bocor ke kerongkongan 
- Respons stres dan kecemasan dapat menyebabkan ketegangan otot yang berlangsung lama. Jika hal ini mempengaruhi otot-otot di sekitar perut, dapat meningkatkan tekanan pada organ ini dan mendorong asam ke atas 

Menemukan cara fisik dan psikologis untuk menangani gejala-gejala ini sangat penting untuk memutus siklus dan menemukan kelegaan. Terdapat beberapa cara menjaga kesehatan lansia yang bisa Caring People lakukan dalam mengatasi asam lambung akibat stres, yaitu:

1. Rutin berolahraga.
2. Hindari makanan pemicu asam lambung.
3. Jaga pola tidur yang baik.
4. Melakukan teknik pernapasan untuk relaksasi.
5. Habiskan waktu dengan melakukan hal yang membuat anda senang.


Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp