Pintar Memilih Makanan Supaya Kesayangan Tetap Sehat

#Food, #Health
Usia lanjut memang tidak bisa sembarangan dalam menikmati makanan. Jika mungkin ketika muda orang tua Anda terbiasa menikmati bermacam-macam jenis hidangan, kini diharuskan pintar memilih jenis hidangan yang akan dinikmati. Bukan hanya itu, ketika usia lanjut diharus benar-benar memilih asupan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Mulai dari kandungan gizi, kebutuhan kalori, serta proses memasaknya. Berikut beberapa tips untuk menyiapkan makanan sehat untuk orang tua Anda:
Kurangi Garam dan Gula
Dalam memberikan makanan untuk lansia sebaiknya kurangi kandungan garam dan gula dalam setiap makanan atau minuman yang akan diberikan. Dengan mengurangi makanan asin atau mengandung garam, maka dapat memperingan kerja ginjal dan mengurangi potensi darah tinggi. Selain itu lansia cenderung memiliki potensi terkena kencing manis sehingga disarankan untuk mengurangi asupan gula.
Kandungan Zat Besi
Makanan yang mengandung zat besi sangat dianjurkan untuk lansia. Zat besi terdapat pada sel darah merah yang berperan sebagai pengangkut oksigen. Apabila kekurangan zat besi maka lansia dapat mengalami anemia. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, makanan yang dianjurkan adalah kacang-kacangan, sayur, buah, telur, hati, dan dagin rendah lemak. Namun untuk menyajikannya, Anda tetap diminta untuk menyesuaikan dengan kebutuhan gizi setiap orang tua.
Air putih
Air putih sangat dianjurkan untuk lansia dikarenakan air putih dapat memperlancar pengeluaran sisa makanan. Sehingga orang tua tidak mengalami sembelit atau susah buang air besar.
Hindari Gorengan, Makanan Berlemak dan Berminyak Lainnya.
Usia lanjut juga cenderung mudah terkena kolestrol. Oleh sebab itu dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi gorengan serta makanan yang mengandung lemak seperti santan. Untuk mengurangi makanan yang mengandung minyak dapat dimasak dengan cara merebus.
Kalsium
Kalsium merupakan mineral penting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Setiap harinya, lansia membutuhkan kalsium 1.000 mg/hari. Kalsium bisa diperoleh dari susu, keju, es krim, yogurt, sayur hijau ( bayam, kangkung, brokoli,) ikan dan sebagainya.
Tekstur Makanan
Tekstur makanan yang akan dinikmati lansia juga harus memiliki tekstur yang lembut. Hal ini dikarenakan kondisi gigi lansia yang biasanya sudah mulai tanggal. Dengan makanan yang bertekstur lembut dan lembek, lansia kaan lebih mudah dalam mengecap makanan yang disediakan.
Itu tadi merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam menyiapkan makanan untuk lansia. Tentunya makanan dapat disesuaikan dengan kebutuhan gizi orang tua , serta dikonsultasikan kepada ahli gizi atau dokter terlbih dahulu. Jangan lupa untuk selalu memberikan orang tua Anda yang terbaik seperti popok dewasa Confidence.

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp