Pertanda Senior Butuh Pertolongan

#Health
Jika orangtua kita sedang sakit atau cedera dan secara rutin harus berkunjung untuk berkonsultasi dengan dokter sudah tentu itu dengan mudah dipahami mereka butuh bantuan kita untuk mendampinginya. Tetapi bagaimana pertanda lainnya yang mungkin terlihat namun tidak kita sadari atau pahami bahwa mereka membutuhkan kita? Nah, apa saja pertanda itu yang mungkin bisa kita jadikan acuan dan harus diperhatikan dengan baik dan bagaimana solusi untuk menyikapinya.
1. Rumah tiba-tiba Jarang dibersihkan
Jika beberapa hari terakhir rumah tampak kotor dan berantakan tidak seperti biasanya. Ini bisa merupakan pertanda beberapa hal: Mungkin dia sedang sangat sibuk, terlalu lelah untuk mengerjakan semuanya, atau sudah terlalu jenuh dengan aktifitas harian yang biasa dilakukannya.
Apa yang harus dilakukan kita untuk mensikapinya?
Upayakan untuk bisa membicarakan hal ini dalam situasi yang santai dan kita juga bisa membantu apa yang bisa kita kerjakan saat itu. Cobalah untuk lebih sering lagi berkunjung ke rumahnya dan membantu untuk mencuci piring atau menyedot debu rumah. Perhatikan jika keadaan ini bertambah buruk, mungkin situasi ini bukan saja dikarenakan dia terlalu lelah.
2. Berat badan menyusut
Berat badan yang menyusut secara drastis dan tiba-tiba dapat terjadi misalnya saat orangtua kita kehilangan pasangan hidupnya. Anda akan mendapati kulkas yang kosong atau banyak makanan yang tidak termakan sejak lama. Secara fisik, Anda mungkin melihat adanya tanda-tanda dehidrasi pada orangtua seperti kurang tidur, sering pusing atau jarang pergi ke toilet.
Apa yang harus dilakukan kita untuk mensikapinya?
Pertama-tama, ajak untuk berbincang apa yang sedang terjadi. Apakah hal ini dikarenakan depresi karena kehilangan pasangannya? atau karena kelupaan? atau kehilangan nafsu makan? Temukan alasannya dan mungkin bisa dikonsultasikan dengan dokter jika dirasa perlu. Anda juga bisa membantu dengan menawarkan mengirimkan secara rutin paket makanan.
3. Pakaian yang tampak kotor dan tidak higienis
Senior mungkin kelupaan untuk mengganti pakaiannya, terkadang mereka memakai pakaian yang sama saat beraktifitas bahkan untuk tidur hingga beberapa hari. Atau kadang mereka mereka terlihat menggunakan pakaian yang sama terus di pagi hari.
Apa yang harus dilakukan kita untuk mensikapinya?
Karena hal ini sangat pribadi, coba cari tahu apa penyebabnya. Mungkin sudah sangat sulit bagi mereka untuk mandi atau sudah tidak mampu lagi untuk mencuci bajunya. Jika kita berkesempatan untuk berbicara dengan orangtua kita dan berkonsultasi dengan dokter pribadinya, segera lakukan.
4. Berpakaian yang kurang tepat
Kesalahan berpakaian mungkin terlihat tidak membahayakan dan sering diabaikan namun ternyata hal ini bisa saja berakibat pada kesehatan dan keselamatan jiwanya. Jika kita dapati orangtua kita memakai pakaian yang tipis padahal disuhu udara yang dingin, atau keluar rumah di malam hari tanpa jaket, atau lupa mengancingkan pakaian/celana, ini bisa jadi pertanda mereka membutuhkan bantuan kita.
Apa yang harus dilakukan kita untuk mensikapinya?
Hal ini bisa membahayakan terutama bagi orang tua yang tinggal di daerah yang suhu udaranya dingin atau panas. Membantunya untuk memakaikan pakaian yang tepat bisa memastikan keselamatan mereka. Anda juga mungkin butuh saran dari dokter pribadinya untuk memastikan perilaku orang tua ini bukan disebabkan memiliki gejala awal Dimentia.
5. Kesulitan dalam mengemudi
Jika Anda melihat beberapa pertanda berikut, mungkin orangtua kita membutuhkan bantuan kita:
Sering salah arah atau lupa tujuan, Temperamental di jalan, Sering ditilang, Mobil sering penyok.
Apa yang harus dilakukan kita untuk mensikapinya? Cari alternatif transportasi lain agar mereka tetap bisa berpergian secara mandiri. Coba ajarkan bagaimana caranya misalnya menggunakan aplikasi tansportasi online untuk mengantarkannya. Bisa juga kita minta bantuan dokter untuk memastikan mungkin hal ini disebabkan karena sesuatu yang bersifat temporer dan bisa diatasi misalnya kacamata yang mungkin sudah tidak cocok lagi ukurannya.

6. Lebam, baret karena kecelakaan di rumah
Adalah normal jika kulit orang tua kita menjadi lebih mudah lebam. Namun jika lebam tersebut tidak ingat apa penyebabnya, ini perlu diwaspadai. Begitu juga jika orangtua Anda sering pergi ke dokter akibat kecelakaan kecil yang menyebabkan luka seperti lebam pada mata atau pada tubuh lainnya, kulit yang tergores, luka yang perlu dibalut perban. Hal ini menandakan orangtua kita sudah tidak mampu lagi secara fisik untuk menjalani aktifitas hariannya tanpa ancaman mendapat cedera.
Apa yang harus dilakukan kita untuk mensikapinya?
Mungkin ada penyebab atau alasan medis untuk ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter dan minta pendapatnya dan arahannya.

7. Bertingkah aneh
Jika orangtua kita mulai bertingkah yang sedikit aneh, misalkan telepon di jam yang tidak lazim, mendengar suara-suara aneh, berhalusinasi, sering terlihat seperti yang ketakutan atau gugup hal ini merupakan pertanda mereka membutuhkan kita. Menjadi lanjut usia meningkatkan resiko terhadap penyakit kejiwaan dan psikosis (Psikosis adalah istilah medis yang merujuk pada keadaan mental yang terganggu oleh delusi atau halusinasi) menjadi lebih banyak bagi sebagian orang pada kelompok usianya.
Apa yang harus dilakukan kita untuk mensikapinya?
Pastinya Anda butuh diagnosa yang lebih detail lagi untuk ini dan segera hubungi dokter untuk berkonsultasi untuk mengatasi permasalahan ini. Disamping itu, selain memantau pertanda di mana mereka membutuhkan kita, mulaila proaktif memastikan aktifitas harian mereka tidak terganggu karena terpaksa berulang kali harus pergi ke toilet untuk buang air kecil. Mulailah pergunakan Popok Dewasa dengan kualitas yang baik. Confidence adalah produk popok dewasa dengan kualitas terbaik yang hadir untuk mengatasi masalah inkontinensia Urin. Dan telah teruji secara klinis oleh Australian Dermatologist sebagai popok dewasa yang aman bagi kulit sensitif sehingga aman digunakan untuk jenis kulit apapun.
Popok Dewasa Confidence memiliki dua tipe varian yang memiliki keunggulan sesuai dengan kebutuhan penderita inkontinensia; Popok Dewasa Confidence tipe perekat dan Popok Dewasa Confidence tipe celana. Untuk tipe perekat ada 2 jenis nih Caring People yaitu Classic dan Premium. Untuk tipe Classic sebaiknya digunakan untuk kebutuhan siang hari dan untuk tipe Premium tipe ini cocok digunakan untuk malam hari agar kamu beristirahat dengan nyaman.
Nah kalau tipe perekat Premium itu pertama di Indonesia dengan 3 inovasi yaitu  berbahan Clothlike (selembut kain) yang bersirkulasi udara di bagian permukaan depan produknya, sehingga terasa lebih sejuk dan tidak menyebabkan iritasi. Selain itu popok ini juga mengandung ekstrak aloevera yang membuat terasa lebih lembut di kulit,  memiliki daya serap extra cepat, sehingga permukaannya tetap kering dan nyaman.
Jadi, Ayo pantau terus aktifitas orangtua Anda, dampingi mereka untuk tetap aktif, tetap bersosialisasi, dan orangtua Anda akan tetap sehat!

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp