kesehatan mental orang tua

Peran Keluarga Menjaga Kesehatan Mental Orang Tua

#Health
Peran Keluarga Menjaga Kesehatan Mental Orang Tua
 
Orang tua selalu memainkan peran penting dalam masyarakat sebagai pemimpin dan penjaga tradisi. Namun, mereka juga sangat rentan mengalami perubahan suasana hati yang akan mempengaruhi aktivitas keseharian maupun kesehatannya. Seseorang yang berusia lanjut akan mengalami perubahan-perubahan akibat penurunan fungsi sistem tubuh dan juga perubahan sistem kesehatan jiwa atau  mental.

Masalah kesehatan jiwa orang tua yang sering muncul adalah gangguan proses pikir yang ditandai dengan lupa, pikun, bingung, dan curiga. Gangguan perasaan diantaranya ditandai dengan kelelahan, acuh tak acuh, dan juga mudah tersinggung. Hal ini juga akan menyebabkan gangguan perilaku yang ditandai seperti enggan bersosialisasi dengan orang lain dan ketidakmampuan merawat diri sendiri.

Perubahan kejiwaan pada orang tua juga akan mempengaruhi status kesehatan mental keluarga. Sedangkan keluarga sendiri merupakan masyarakat terkecil dimana para orang tua atau usia senior akan sering menghabiskan waktu dan tempat berkomunikasi yang paling dekat. Oleh karena itu, keluarga perlu mengetahui perubahan kejiwaan pada lansia agar dapat mencegah terjadinya gangguan kejiwaan.

Keterlibatan keluarga akan menentukan keberhasilan perawatan kesehatan jiwa mereka terutama ditengah pandemi yang dapat membuat para orang tua lebih khawatir, merasa kesepian, sedih, bahkan hingga depresi.

Memberikan perhatian lebih kepada orang tua seperti sering mengajak berkomunikasi, bertukar pikiran, melakukan hobi bersama, atau mendukung hal positif yang bisa mereka lakukan selama masa karantina pandemi adalah beberapa hal kecil menjadi sangat berarti untuk kesehatan mental mereka. Menghentikan kebiasaan buruk juga perlu diperhatikan, seperti kurang beristirahat atau sering begadang. Jika kurang istirahat, orang tua akan lebih mudah mengalami kecemasan dan mood mereka pun akan lebih tidak stabil.

Selain hal-hal tadi, kenyaman dan kebersihan tubuh orang tua juga perlu Caring People perhatikan. Dengan menjaga kebersihan, tentunya akan membuat orang tua merasa nyaman serta bias menjaga kesehatannya juga. Berikan Popok Dewasa Confidence Pants Heavy Flow yang merupakan popok dewasa tipe celana yang cocok untuk penderita inkontinensia berat dengan aktivitas rendah. Dengan daya tampung hingga 1200 cc,dapat menyerap urin hingga 6x lipat. Selain itu Confidence Pants Heavy Flow juga teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga cocok digunakan untuk kulit yang sensitif. Permukaan Confidence Heavy Flow lembut dan sejuk bersirkulasi udara serta Anti Bakteria yang dijamin produknya tetap higienis dan tentunya harganya juga terjangkau serta mudah didapatkan di toko terdekat atau di online store Confidence di Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, JDID, dan Softex e-Store.

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp