Aktifitas Fisik Lansia di Masa Pandemi

Pentingnya Aktivitas Fisik bagi Usia Senior di Masa Pandemi

#Exercise, #Health
Sudah lebih dari setahun pandemi COVID-19 melanda dunia. Masyarakat, khususnya lansia, dianjurkan untuk berada lebih banyak di rumah dan membatasi mobilitas. Akibatnya, aktivitas fisik lansia minim selama masa pandemi.
 
Padahal, aktivitas fisik dan olahraga sangatlah baik untuk tubuh. Ada banyak penelitian yang membuktikan manfaat kesehatan dari olahraga, termasuk untuk kelompok senior.
 
Aktivitas fisik dan olahraga teratur untuk usia senior dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik, yang keduanya dapat mempertahankan kemandirian seiring bertambahnya usia. 
 
Lalu, bagaimana mempertahankan kegiatan olahraga pada usia senior di masa pandemi?
 
Aktivitas Fisik untuk Lansia Saat Pandemi
Aktivitas fisik merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik lansia. 
 
Dalam kelompok ini, aktivitas fisik dapat dilakukan secara perlahan sesuai kondisi dan kemampuan.
 
Olahraga dapat dimulai dengan berjalan santai, senam, ataupun berenang. Lakukan olahraga selama 150 menit setiap minggu yang dapat dibagi menjadi 3-5 sesi.
 
 
Dengan tetap aktif dan berolahraga, lansia akan mendapatkan berbagai manfaat, seperti:
 
1. Mencegah Penyakit
Penelitian telah menunjukkan bahwa menjaga aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mencegah banyak gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung dan diabetes.
 
Olahraga meningkatkan fungsi kekebalan secara keseluruhan, yang penting bagi populasi usia senior karena sistem kekebalan mereka sering kali terganggu. 
 
2. Peningkatan Kesehatan Mental
Manfaat olahraga bagi kesehatan mental hampir tidak ada habisnya. Olahraga menghasilkan endorfin yang bertindak sebagai pereda stres dan membuat Anda merasa bahagia.
 
Artinya, dengan rutin berolahraga, para senior sekaligus sedang menjaga kesehatan mentalnya.
 
3. Penurunan Risiko Jatuh
Populasi usia senior memiliki risiko lebih tinggi untuk jatuh. Nah, rutin beraktivitas fisik dapat mencegah risiko jatuh pada senior.
 
Olahraga sejatinya dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, yang juga membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.
 
 
4. Keterlibatan Sosial
Jika Anda bergabung dengan kelompok jalan kaki atau pergi ke kelas kebugaran kelompok, olahraga dapat dijadikan acara sosial yang menyenangkan.
 
Mempertahankan ikatan sosial yang kuat penting bagi orang dewasa yang menua dapat menghindari perasaan kesepian atau depresi. 
 
5. Peningkatan Fungsi Kognitif
Aktivitas fisik yang teratur dan keterampilan motorik yang baik bermanfaat bagi fungsi kognitif. 
 
Banyak penelitian menunjukkan risiko demensia yang lebih rendah pada individu yang aktif secara fisik.
 
Bantu Lansia Penuhi Kebutuhan Aktivitas Fisiknya 
Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu senior melakukan aktvitas fisiknya, seperti:
 
●      Ajak senior untuk berpartisipasi dalam kegiatan keluarga secara aktif, khususnya kegiatan fisik seperti berkebun atau membersihkan rumah.
●      Terus berikan rangsangan secara aktif, dengan mengajaknya berdiskusi, membaca buku, dan bermain games bersama.
●      Pastikan kenyamanannya dalam beraktivitas, termasuk penggunaan pakaian dan popok yang nyaman saat beraktivitas.
 
Itu sebabnya, gunakanlah popok Confidence yang dibuat secara khusus untuk mendukung kebutuhan dan aktivitas fisik lansia yang praktis dan membuat lebih percaya diri
 
Popok dewasa ini memiliki varian dan jenis yang lengkap sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, rangkaian produk Confidence berbahan lembut sehingga orang yang menggunakannya tidak merasa risih dan bebas beraktivitas.
 
Untuk kondisi senior yang masih aktif namun memiliki masalah berkemih, lengkapi kenyamanannya dengan Popok Celana Confidence Heavy Flow dengan Daya Tampung Lebih Besar yang mampu menyerap hingga 6x daya serap, berbahan Lycra yang elastis dan mengikuti bentuk tubuh sehingga pas di badan dan nyaman digunakan. Juga dilengkapi dengan SAP antibakteria yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya penyebab ruam dan iritasi.
 

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp