cara merawat orang tua yang alzheimer

Mengenali gejala dan penyebab Demensia

#Health
Merawat orang tua yang alzheimer memang butuh kesabaran ekstra. Hal ini disebabkan karena alzheimer menyebabkan penurunan daya kerja otak yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Di masyarakat, alzheimer sering diartikan dengan demensia. Lantas, apakah hal tersebut benar? Dan bagaimana cara merawat orang tua yang alzheimer atau demensia?

Alzheimer pada dasarnya adalah salah satu penyebab dari demensia yang tidak bisa disembuhkan. Dilansir dari Docdoc.com, teradapat dua kategori penyebab Demensia, yaitu yang dapat disembuhkan, dengan obat dan penanganan dari pihak yang bertanggung jawab, serta Demensia yang tidak dapat disembuhkan sama sekali.

Penyebab Demensia yang dapat disembuhkan antara lain:
- Dikarenakan penyalahgunaan konsumsi zat terlarang dalam jangka panjang
- Tumor otak yang dapat diangkat
- Pendarahan di kepala pada rongga subdural
- Gangguan Kelenjar tiroid
- Gula darah rendah
- Kekurangan Vitamin B12

Sementara penyebab Demensia yang tidak dapat disembuhkan antara lain:
1. Alzheimer
Kasus ini biasanya terjadi pada usia 65 tahun ke atas, penyebab pasti Alzheimer masti belum diketahui, namun menurut beberapa penelitian, Alzheimer terjadi akibat adanya plak pada otak.
2. Demensia Vaskular
Terjadi karena adanya kerusakan otak akibat kurangnya aliran darah menuju otak
3. Demensia Lewy  Body
Gejala utama pada Demensia yang satu ini ialah halusinasi visual dan gejala penyakit parkinson.
4. Demensia Frontotemporal
Terjadi penurunan fungsi yang terjadi pada lobus temporal.

Gejala utama dan paling  sering terjadi pada penderita Demensia adalah perubahan cara berpikir, di mana jika Caring People perhatikan, orang yang mengalami Demensia akan sulit untuk berkomunikasi. Cara pertama dalam merawat orang tua yang alzheimer atau demensia ini bisa denan melakukan pemeriksaan jika mengalami gejala awal seperti sulit konsentrasi, mudah lupa, sulit mempelajari hal baru, suasana hati tidak menentu, sering kehilangan benda akibat lupa tempat meletakkannya, sulit menemukan kata yang tepat saat berbicara, apatis tidak peduli lingkungan, sering mengulang aktivitas yang sama tanpa disadari, dan sulit melakukan aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari.

Jika Kesayangan mengalami gejala di atas, sebaiknya sesegera mungkin untuk berkonsultasi dengan  dokter, serta jangan lupa untuk memberikan Kesayangan popok perekat Confidence Premium Night dalam aktivitas Kesayangan sehari-hari. Popok dewasa Confidence ini memiliki keunggulan seperti Soft Touch Technology yang membuat permukaan luar selembut kain dan nyaman di kulit, serta memiliki sirkulasi udara yang baik dan mengandung ekstrak Aloe Vera yang dapat mencegah terjadinya iritasi pada kulit.


Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp