Mencegah Pneumonia pada Pasien Tirah Baring

#Health
Pneumonia merupakan penyakit infeksi paru-paru yang terjadi akibat kontaminasi berbagai macam organisme seperti jamur, bakteri, atau virus ke dalam paru-paru. Gejala-gejala yang nampak biasanya pengidap pneumonia menderita batuk berdahak, demam, kedinginan, dan sesak nafas. Meski bisa menyerang siapa saja, namun lansia yang daya tahan tubuhnya sedang menurun merupakan kelompok umur yang paling rentan terserang pneumonia. Lebih lanjut menurut Belvedere Health Services lansia yang tengah menjalani perawatan tirah baring dalam jangka waktu yang lama juga rentan terhadap serangan pneumonia. Sebab, lansia yang tidak bisa bergerak akibat perawatan tirah baring seringkali tidak bisa mengeluarkan dahak dan dapat menyebabkan lendir dan cairan menumpuk di dada yang mengarah ke pneumonia dan komplikasi lainnya. Meski begitu, dr. Krupa Shah dari University of Rochester School of Medicine & Dentistry menyebutkan bahwa pneumonia pada lansia dapat dicegah, diantaranya melalui:

1. Vaksin flu tahunan

Langkah terpenting yang harus diambil untuk mencegah pneumonia pada lansia adalah vaksinasi. Sekalipun vaksinasi tidak sepenuhnya mencegah pneumonia, vaksin dapat mengurangi tingkat keparahan pneumonia, mempersingkat waktu infeksi berlangsung, dan membantu mencegah komplikasi akut akibat pneumonia. CDC merekomendasikan bahwa semua orang dewasa yang lebih tua menerima 2 vaksin pneumokokus untuk membantu mencegah pneumonia bakteri pada lansia. Vaksin flu rutin setiap tahun juga dapat mendukung pencegahan infeksi pneumonia, karena banyak lansia yang terkena flu juga terkena pneumonia.

2. Pastikan lansia tidak merokok dan hindari merokok di sekitar lansia

Tembakau merusak kemampuan paru-paru untuk melawan infeksi, oleh karena itu pastikan lansia tidak merokok karena hal tersebut akan semakin melemahkan daya tahan tubuh mereka untuk melawan bakteri atau pun virus penyebab pneumonia. Caring People juga dilarang merokok di sekitar lansia agar lansia yang sedang menjalani perawatan tirah baring tidak menjadi perokok pasif.

3. Jaga kehigienisan di sekitar pasien tirah baring

Menjaga kebersihan juga dapat membantu mencegah pneumonia. Ini termasuk mencuci tangan lansia secara teratur, menutupi wajah Caring People dengan tisu, lengan, atau siku saat batuk atau bersin, dan membersihkan permukaan (seperti gagang pintu,tempat tidur, dan selimut) yang sering disentuh oleh lansia. Pastikan juga lansia menggunakan dua popok dewasa Confidence Classic Day di siang hari dan satu popok dewasa Confidence Classic Night di malam hari yang telah teruji klinis anti bakteri dan dilengkapi dengan teknologi diamond core yang dapat menyerap cairan ekstra cepat sehingga tetap membuat kulit lansia higienis.

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp