mengatasi burnout

Memahami Burnout Yang Terjadi Kepada Caring People

#Health
Dalam kehidupan ini, tidak semua yang diharapkan dapat berjalan lancar, yang akhirnya bisa menimbulkan gejala burnout. Tidak terkecuali pekerjaan yang dilakukan Caring People sebagai seorang caregiver dalam merawat orang tua setiap harinya.

Melakukan segala sesuatu sebaiknya dilakukan sepenuh hati oleh Caring People, terutama saat merawat orang tua. Mengerti dan mengetahui apa yang Kesayangan butuhkan merupakan kunci dalam merawat orang tua. Namun kadang semua tidak berjalan sesuai kita harapkan, kita jadi lebih mudah emosi, marah, kesal maupun kecewa. Hal ini merupakan gejala burnout atau teralu emosi yang menyebabkan pengaruh terhadap kesehatan mental dan fisik.

Burnout merupakan kondisi psikologis negatif yang terjadi akibat rasa kecewa karena pekerjaan.  Hal ini tidak boleh dianggap biasa saja dan dibiarkan begitu saja karena dapat mempengaruhi kesehatan mental serta kualitas hidup caregiver. Oleh karena itu Confidence ingin memberikan tips mengatasi burnout untuk Caring People saat tengah merawat orang tua.

- Menerima Keadaan
Masalah yang muncul di hidup Caring People saat ini mungkin terjadi akibat penolakan atas realitas yang ada. Untuk saat ini, coba belajar menerima keadaan diri dan sekitar.

- Identifikasi Penyebab
Saat mengalami Burnout coba cari tahu apa penyebabnya. Mulailah pilah-pilah dari kegiatan pagi hari, apakah karena omelan, kerjaan yang terlalu menumpuk, hingga hubungan saat merawat orang tua. Kemudian, Caring People bisa mencari jalan keluar. Sesederhana jalan sore, bercengkrama dengan teman dan makan makanan lezat dapat sangat membantu mengatasi Burnout tersebut.

- Mengurangi Aktivitas Tidak Penting
Aktivitas merawat orang tua yang terlalu padat juga dapat menjadi pemicu Caring People mengalami Burnout. Mulai sekarang coba perhatikan kembali aktivitas-aktivitas mana yang bisa dikurangi agar tidak menumpuk. Selain itu perhatikan aktivitas yang mampu meningkatkan mood Caring people kembali yaa, seperti melakukan hobi.

- Menciptakan Gaya Hidup Yang Lebih Sehat
Hal kecil seperti merokok dan begadang bisa mempengaruhi kita hingga mengalami Burnout. Maka dari itu cobalah untuk mengatasi burnout dengan mengurangi kebiasaan buruk tersebut, dan mengubah ke aktivitas yang lebih bermanfaat seperti berkebun, memelihara hewan peliharan atau membaca buku kesukaan.

- Meminta Dukungan Kepada Orang Lain
Kita adalah manusia yang harus bersosialisasi, maka dari itu sangat wajar untuk kita berkomunikasi dengan teman sendiri. Mengutarakan isi hati yang sedang dialami bisa membantu untuk mengurangkan beban.

Nah, itu dia tips mengatasi burnout untuk caregiver yang mungkin timbul saat merawat orang tua. Untuk bisa keluar dari zona Burnout akan membutuhkan waktu yang lama. Namun Caring People sendiri harus bisa mencoba dengan mengikuti tips-tips di atas. Dengan ketekunan serta bantuan dari teman dan keluarga, secepat mungkin Caring People pasti akan bisa keluar dari zona Burnout. 

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp