Tips Kesehatan Lansia

Masalah Otot Bisa Mengakibatkan Radang Paru-Paru? Atasi Dengan Cara Ini!

#Health
Faktor kesehatan lansia menyebabkan penurunan kekuatan otot sebanyak 15%, yang pada akhirnya menyebabkan kesulitan bergerak. Namun tahukah, Caring People, bahwa penurunan massa otot bisa menyebabkan penurunan kesehatan paru-paru lansia juga? Melansir dari penelitian yang dilakukan Japan Geriatrics Society tahun 2013, usia 40 tahun menjadi awal seseorang mengalami penurunan massa otot yang dapat berakibat pneumonia atau radang paru-paru. 

Mengutip pernyataan konsultan geriatri, Dr. dr. C Heriawan Soejono, Sp. PD, K Ger, M. Epid dari Kompas, radang paru-paru yang terjadi karena penurunan massa otot disebabkan oleh lendir batuk yang masuk dan turun ke area paru-paru. Banyak cairan yang terendap karena faktor kesehatan lansia terutama ketidakmampuan untuk perpindahan posisi. Akibatnya, lendir mengalir secara rutin ke paru-paru.

Namun, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi hingga dapat mengganggu kesehatan lansia. Di antaranya adalah mengatur pola makan / asupan nutrisi dan berolahraga. Bagi Caring People yang mau membuat kesehatan lansia terjaga, sebaiknya rutin ajak Kesayangan untuk  olahraga ringan. Yuk, simak beberapa latihan yang dapat dilakukan setiap pagi oleh orang tua selama 5 - 10 menit berikut ini:
1. Mengangkat Lengan
• Berdiri tegak & rentangkan kaki.
• Angkat kedua tangan ke atas sambil memegang beban ringan.
• Tarik nafas dan tekukan tangan ke dalam dada lalu buang nafas.
• Lakukan gerakan sebanyak 10-15 kali.

2. Berdiri dengan Satu Kaki
• Rentangkan kedua tangan ke depan.
• Angkat kaki kanan hingga sejajar dengan pinggul.
• Tahan 3-5 detik.
• Turunkan kaki.
• Gerakan ini harus dilakukan dengan pendamping.

3. Meregangkan Pergelangan Kaki
• Miringkan kepala ke bahu kanan sampai terasa meregang.
• Tahan selama 15 detik, putar kepala ke arah sebaliknya dan tahan.
• Lakukan gerakan ini sebanyak 3 kali berulang.

Ketiga cara di atas dapat menjaga kesehatan lansia serta membantu terhindar dari penurunan massa otot yang terjadi pada Kesayangan. Praktekan gerakan ini secara rutin setiap pagi untuk merasakan manfaatnya untuk kesehatan lansia.

Agar saat olahraga tidak terganggu, Caring People dapat memakaikan popok celana untuk lansia. Pemilihan popok celana untuk lansia yang tepat juga penting agar kenyamanan Kesayangan tetap terjamin selama berkegiatan. Untuk kondisi Kesayangan yang cenderung masih aktif namun butuh bantuan, disarankan untuk memakai popok dewasa Confidence Tipe Celana. 

Popok celana untuk lansia dari Confidence ini merupakan inovasi terbaru yang memiliki daya tampung lebih besar hingga 6 kali daya serap. Berbahan Lycra, memakai popok celana dewasa Confidence ini akan terasa seperti celana dalam sehingga nyaman dan bebas bergerak. Permukaan yang lembut dan sejuk dengan sirkulasi udara, serta dilengkapi dengan teknologi lapisan serap yang cepat kering. Selain itu juga sudah teruji klinis dan Hypoallergenic Approved by Australian Dermatologist. Hal ini membuat popok celana untuk lansia dari Confidence sangat aman dan nyaman untuk digunakan seharian.

Selain menjaga kesehatan lansia, jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan diri terutama saat usai berolahraga. Caring People dapat menggunakan tisu basah untuk menyeka keringat dan kotoran di badan Caring People dan Kesayangan. Gunakan tisu basah Confidence Adult Wet Wipes yang memiliki kandungan Minyak Kayu Putih yang menyegarkan serta sudah dilengkapi dengan antibacterial dan non alkohol, sehingga sangat aman untuk digunakan di badan. Ukurannya pun lebih besar 60% dari pada tisu biasa sehingga sangat cocok dan praktis digunakan untuk menyeka di mana saja dan kapan saja.

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp