Jangan Anggap Remeh Jika Terlalu Sering Buang Air Kecil Terus-menerus

#Exercise, #Health
Sering buang air kecil bisa disebabkan oleh beberapa gejala, seperti infeksi saluran kemih. Gejala infeksi saluran kemih sering kali ditandai dengan hasrat ingin selalu buang air kecil yang tidak dapat ditahan. Kadang hal itu juga diikuti oleh demam dan rasa nyeri pada area perut

Gejala lain yang menyebabkan seringnya Anda buang air kecil adalah kandung kemih yang terlalu aktif (overactive bladder). Kondisi ini dapat dikenali pada saat otot kandung kemih berkontraksi secara tiba-tiba tanpa bisa terkontrol sehingga menimbulkan hasrat untuk buang air kecil, meskipun kandung kemih sebenarnya belum penuh urine.

Faktor lain penyebabnya juga bisa karena infeksi ginjal. Kendala medis ini sering kali menimbulkan gejala sakit punggung, sakit pada pangkal paha, mual, muntah, diare, demam, serta gemetaran, selain tentunya terlalu sering buang air kecil.

Gangguan prostat juga bisa menjadi gejala Anda berulang kali pergi ke kamar kecil untuk kencing. Prostat yang membesar berpotensi menekan uretra atau saluran kemih dan menutup aliran urine. Dengan begitu, dinding kandung kemih mengalami iritasi.

Gejala-gejala tersebut jangan dianggap remeh. Selain berkonsultasi ke dokter, Anda bisa melakukan latihan dasar otot panggul untuk meminimalisasi frekuensi buang air kecil.

Latihan dasar otot panggul dapat Anda lakukan dengan mengikuti anjuran berikut:

1. Lakukan latihan dengan posisi berbaring
Anda dapat melakukan latihan ini dengan posisi berbaring telentang sambil membuka kaki selebar bahu dan menekuk kedua lutut serta membuat badan Anda serileks mungkin.
Kemudian, tahan posisi tersebut sambil merapatkan anus, saluran kemih, serta otot vagina selama lima detik dan angkat organ-organ tersebut perlahan ke atas lalu tahan selama lima detik.
Ulangi kedua langkah tersebut selama 1 menit sebanyak 10 kali hitungan.

2. Lakukan latihan sambil duduk bersandar di dinding
Duduk di lantai dengan punggung bersandar di dinding dan tekuk sedikit kedua lutut.
Letakkan salah satu telapak tangan pada bagian pangkal paha dekat selangkangan (sekitar otot sphincter anus), kemudian gunakan ujung jari untuk mencari posisi otot dasar panggul.
Ikuti langkah yang sama dengan posisi berbaring telentang. Ulangi selama 1 menit sebanyak 10 kali hitungan (total gerakan selama 10 menit).

Sambil melakukan latihan dasar panggul untuk menunjang aktivitas sehari-hari, Anda dapat menggunakan popok dewasa agar keinginan untuk kencing yang sering datang tidak mengganggu.
Dengan menggunakan popok dewasa, Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk bolak-balik ke kamar mandi.

Popok dewasa kini sudah semakin banyak jenis dan tipenya. Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih popok dewasa. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih popok yang teruji secara klinis seperti dari merk confidence dan pilih sesuai kebutuhan.

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp