Cara Melindungi Kesehatan Mental Lansia Di Tengah Pandemi

#Health

Virus Corona telah membuat dunia terasa seperti dalam “ketidakpastian” dan menimbulkan kecemasan yang berlebihan. Hal ini dipengaruhi juga oleh derasnya arus informasi yang menyebarkan berita seputar COVID-19, baik berita yang benar maupun berita bohong alias hoaks. Ketakutan dan kecemasan berlebihan yang berlangsung secara terus menerus ini dapat menyebabkan depresi dan gangguan mental, terutama bagi lansia yang rentan mengidap depresi. Anxiety UK, LSM dari Inggris yang fokus menangani masalah kesehatan mental terkait kecemasan menyebutkan ada beberapa tips yang dapat Caring People lakukan untuk melindungi kesehatan mental di tengah pandemi:

  1. Batasi asupan berita dari portal berita dan media sosial

Meskipun penting untuk mengetahui apa yang terjadi, tidak perlu mencari informasi secara berlebihan. Informasi yang berlebihan hanya akan menambah ketakutan Caring People. Alokasikan jadwal tertentu per hari di mana Caring People akan memeriksa berita, misalnya, setelah sarapan atau di sore hari saat beristirahat. Kemudian hindari atau batasi paparan berita sepanjang sisa hari itu. Bagi lansia yang sedang menjalani perawatan tirah baring, pastikan saluran televisi yang ditonton tidak menyiarkan berita COVID-19 secara terus menerus.


Selain itu, Caring People juga dapat menghindari informasi seputar Corona dari media sosial dengan cara unfollow atau mute akun-akun yang berpotensi menyebarkan berita bohong terkait COVID-19.

2. Tetap terhubung dengan kerabat dekat lewat video call

Hubungi orang-orang terdekat Caring People dan ceritakan apa yang Caring People rasakan. Dengan berbagi, setidaknya kecemasan dapat terasa berkurang dan Caring People tak akan merasa sendirian dan kesepian.

3. Menyibukkan diri dengan jalani hobi

Di saat senggang dan tak melakukan apapun, terkadang kita sering memikirkan sesuatu secara berlebihan atau yang sering disebut overthinking. Untuk menghindari perasaan overthinking tersebut, Caring People dapat mengajak lansia yang masih aktif bergerak untuk menyibukkan diri dengan jalani hobi yang mungkin sudah lama tidak dilakukan saat keadaan normal, misalnya berkebun, melukis, atau bermain alat musik. Dengan menekuni hobi, tentunya kecemasan akan tergantikan dengan perasaan semangat dan bahagia karena menjalani aktivitas yang kita sukai.


Agar tetap nyaman jalani hobi gunakan popok Confidence Men & Women Adult Pants yang telah teruji hypoallergenic oleh dermatologist Australia. Dilengkapi dengan side leak guard melindungi Caring People dari kebocoran samping yang mengganggu momen menjalankan hobi



Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp