Tentang Inkontinensia Urin

Apa Itu Inkontinensia Urine? Gejala dan Cara Menanggulanginya

5 menit baca
Resize 2496x1404_Apa Itu Inkontinensia Urine_ Gejala dan Cara Menanggulanginya

Mungkin sebagian besar dari kita tidak familiar ketika mendengar kata Inkontinensia Urine. Gangguan kesehatan ini sebenarnya adalah nama ilmiah dari sulit menahan kencing atau dalam istilah yang lebih umum adalah mengompol. Ternyata fenomena ini tidak hanya bisa dialami oleh bayi atau anak kecil saja, bahkan hanya dialami oleh lansia. Inkontinensia urine bisa terjadi di berbagai rentang usia. Apalagi menyangkut gaya hidup yang tidak sehat.

Inkontinensia urine bukanlah fenomena mengompol biasa. Jika fenomena mengompol, orang yang mengalaminya tidak sadar, Inkontinensia urine terjadi saat dalam keadaan sadar. Inkontinensia urine adalah terganggunya kondisi di saluran kemih bagian bawah, namun di beberapa kasus yang terjadi Inkontinensia Urine tidak selalu terkait dengan kondisi saluran kemih bagian bawah.

Pada dasarnya Inkontinensia Urine terjadi karena ada gangguan fisiologis di saluran kandung kemih sehingga tidak mampu menampung secara air kencing optimal. Inkontinensia Urine memiliki beberapa jenis penyebab yang berbeda. Stress Inkontinensia biasanya banyak terjadi setelah proses melahirkan caesar, pasca operasi hingga obesitas. Selanjutnya ada jenis Urge Incontinence, terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat, misalnya konsumsi kafein berlebih, minum alkohol hingga merokok.

Selain itu ada juga Overflow Incontinence, terjadi karena pembengkakan kelenjar prostat, sembelit hingga tumor pada kandung kemih. Jenis yang keempat adalah Inkontinensia Urine total, terjadi karena kelainan struktur kandung kemih dari lahir(bawaan) hingga cedera saraf tulang belakang. Sehingga penderita mengalami kesulitan menahan kencing hingga ngompol.

Kondisi kemih yang terlampau aktif bagi penderita Inkontinensia Urine biasanya mengidap penyakit seperti Alzheimer, diabetes hingga stroke. Hal ini disebabkan oleh gangguan pada otot kemih atau ketidakstabilan detrusor. Inkontinensia Urine juga biasanya paling sering terjadi pasca operasi atau perubahan kondisi fisiologis tubuh membuat kondisi kandung kemih terganggu sehingga yang terjadi kandung kemih tidak bisa menampung urine secara optimal.

Inkontinensia Urine bisa menyebabkan penderitanya mengalami gangguan psikologis mulai dari gangguan kepercayaan diri, penghindaran diri dari lingkungan sosial, gangguan kecemasan hingga depresi. Disamping itu Inkontinensia Urine bisa menyebabkan dampak fisiologis lainnya seperti peradangan pada saluran kandung kemih hingga masalah kulit di sekitar alat kelamin.



Gejala Utama Inkontinensia Urine

Pada umumnya gejala Inkontinensia Urine dirasakan pada wanita 2 kali lebih besar ketimbang pria karena proses melahirkan yang menyebabkan kondisi fisiologis kandung kemih berubah. Lemahnya otot panggul karena proses melahirkan adalah penyebab utamanya mengapa wanita cenderung lebih besar risiko mengidap Inkontinensia Urine. Gejala yang sering terjadi adalah kesulitan menahan kencing bahkan sebelum sampai ke kamar mandi atau toilet, beberapa keluhan lainnya adalah gangguan aliran kemih lemah.

Menanggulangi gejala Inkontinensia Urine bisa dimulai dengan mengubah gaya hidup. Atur gaya hidup yang lebih sehat dan teratur untuk mengurangi gejala yang terjadi, jika masih mengalami gangguan Inkontinensia Urine setelah perubahan gaya hidup segera konsultasikan ke ahli medis. Sementara itu, Anda bisa menggunakan popok dewasa yang nyaman agar bisa beraktivitas dengan tenang dan nyaman, serta bebas dari rasa khawatir jika urine membasahi celana.

Pilih Confidence yang merupakan popok dewasa nomor satu berkualitas. Confidence memiliki dua jenis popok dewasa yaitu popok perekat untuk lansia dengan kondisi tirah baring dan popok celana bagi lansia yang masih aktif.

Untuk lansia yang masih aktif, gunakan Confidence Pants yang memiliki bahan lycra sehingga dapat bergerak bebas mengikuti bentuk tubuh dan SAP anti bakteri untuk menghindari dari iritasi.

Sedangkan bagi lansia dengan kondisi berbaring atau bedridden, gunakan Confidence Classic Day dan Confidence Classic Night di mana 2 popok di siang hari dan 1 popok di malam hari. Dengan Diamond Core Technology menyerap lebih cepat, halal dan teruji klinis, daya serap yang pas untuk kebutuhan siang dan malam, sehingga memberikan kenyamanan 24 jam bagi Kesayangan.

Berikan yang terbaik bagi Kesayangan dengan Confidence, agar mereka selalu aktif dan Berani Lebih Pede.