Alasan Latihan Otot Dasar Panggul Penting untuk Orang Dewasa

#Exercise, #Health
Kandung kemih yang begitu aktif serta sensitif sering jadi penyebab inkontinensia. Keinginan atau kebutuhan untuk buang air kecil saat tidak ada banyak air urine akan diisyaratkan oleh kandung kemih. Orang akan merasa harus buang air kecil, padahal sebenarnya tidak.

Berdasarkan hasil beberapa penelitian bahwa kebiasaan buang air kecil sebelum melakukan bepergian ternyata dapat menjadi pemicu penyakit beser atau inkontinensia. Hal tersebut karena saat orang-orang memilih melakukan ke kamar mandi dulu sebelum bepergian, kandung kemihnya tidak akan terisi dalam jumlah normal (sekitar 200ml). Jika ini terjadi secara terus-menerus, kandung kemih mereka akan menjadi semakin lemah.

Pada kenyataannya, Inkontinensia ini hampir dialami oleh 50% kaum perempuan pada rentang usia 45 tahun sampai dengan 60 tahun. Biasanya, inkontinensia biasanya diobati dengan mengkonsumsi obat-obatan atau bahkan melalui operasi. Sebelum Anda mengidap inkontinensia sebenarnya ada cara mencegahnya dan mengatasinya dengan melatih otot kandung kemih, latihan yang bisa Kamu lakukan secara rutin adalah latihan kegel dan yoga.

Jika Anda telah menguasai seni berkontraksi otot-otot dasar panggul Anda dengan benar, Anda dapat mencoba menahan tekanan ke dalam lebih lama (hingga 10 detik) sebelum bersantai. Pastikan Anda bisa bernapas dengan mudah saat Anda menekan.

Jika Anda bisa melakukan latihan Otot Dasar Panggul ini, ulangi hingga 10 kali, tetapi hanya selama Anda bisa melakukannya dengan teknik sempurna sambil bernapas dengan tenang dan menjaga semuanya di atas pusar tetap rileks. Ini dapat dilakukan lebih sering pada siang hari untuk meningkatkan kontrol.

Sumber daya yang berguna untuk melatih otot dasar panggul:
  • Kehamilan dan olahraga
  • Lantai panggul dan latihan inti
  • Lantai panggul dan latihan perlawanan

Latihan otot dasar panggul dapat membantu:
  • Meningkatkan kontrol kandung kemih dan usus
  • Mengurangi risiko prolaps: pada wanita, ini dapat dirasakan sebagai tonjolan di vagina atau rasa berat, tidak nyaman, menarik, menyeret atau menjatuhkan. pada pria, ini mungkin dirasakan sebagai tonjolan di rektum atau perasaan perlu menggunakan usus tetapi tidak benar-benar harus pergi
  • Meningkatkan pemulihan dari persalinan dan pembedahan ginekologi (pada wanita)
  • Meningkatkan pemulihan setelah operasi prostat (pada pria)
  • Meningkatkan sensasi seksual dan potensi orgasme, dan
  • Meningkatkan kepercayaan sosial dan kualitas hidup.

Sebelum memulai program latihan dasar panggul, penting bagi Anda untuk mengidentifikasi otot dasar panggul dengan benar. Bicaralah dengan seorang profesional kontinensia jika Anda mengalami kesulitan mengidentifikasi otot-otot dasar panggul Anda, tidak yakin apakah Anda melakukan latihan dengan benar atau terus mengalami gejala kontrol kandung kemih atau usus.

Sebaiknya Anda memiliki seorang profesional kontinensia untuk menilai dasar panggul Anda dan mengembangkan program pelatihan otot panggul lantai individu untuk Anda.

Cari bantuan profesional ketika Anda memiliki masalah kontrol kandung kemih atau usus dengan gejala seperti:
  • Perlu segera atau sering pergi ke toilet untuk buang air kecil atau buang air besar
  • Kebocoran urin, gerakan usus atau angin yang tidak disengaja
  • Kesulitan mengosongkan kandung kemih atau usus
  • Beratnya vagina atau tonjolan, atau
  • Sakit di kandung kemih, usus atau di punggung dekat area dasar panggul saat berolahraga di lantai panggul atau saat berhubungan seksual.
Masalah-masalah ini belum tentu terkait dengan otot-otot dasar panggul yang lemah dan harus dinilai dengan benar.

Apa Manfaat dari Latihan Otot Dasar Panggul?
Seperti semua latihan, latihan dasar panggul paling efektif ketika disesuaikan dan dimonitor secara individual. Latihan yang dijelaskan hanya panduan dan mungkin tidak membantu jika dilakukan dengan tidak benar atau jika pelatihan tidak sesuai.

Inkontinensia dapat memiliki banyak penyebab dan harus dinilai secara individual sebelum memulai program latihan otot dasar panggul. Mengencangkan atau menguatkan otot dasar panggul mungkin bukan perawatan yang paling tepat sehingga berbicara dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki masalah yang terus-menerus dengan kandung kemih atau usus.

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp