9 Tips Mudah Mencegah Kenaikan Gula Darah

#Food, #Health
Saat terkena diabetes, mencegah kenaikan gula darah sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari. Dokter percaya bahwa menjaga kestabilan gula darah membantu memperkecil kemungkinan terkena komplikasi diabetes seperti ginjal, mata, dan penyakit syaraf seperti Neuropati Perifer.
Menurut American Diabetes Association, seseorang yang berusia lanjut memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2. Menurut mereka, satu dari empat orang di Amerika yang berusia lebih dari 60 tahun terkena diabetes. Jika dulu orang tua menjaga pola makan dan aktivitas kita, kini saatnya kita menjaga pola makan dan aktivitas mereka agar gula darah stabil.

Aktivitas

1. Olahraga teratur
Olahraga ringan seperti berjalan kaki setengah jam per hari jauh lebih baik dibandingkan ke gym sekali seminggu. Olahraga jangka pendek membantu mengubah glukosa menjadi energi. Sedangkan olahraga jangka panjang membuat sel tubuh lebih responsif terhadap insulin sehingga mencegah resistensi.
2. Jaga kaki
Pilih olahraga atau aktivitas yang tidak memberatkan kaki seperti berenang, jalan santai, atau sepeda. Olahraga yang terlalu berat bagi kaki dapat menyebabkan luka, infeksi, atau lepuh yang membahayakan kaki penderita diabetes.
3. Dengarkan tubuh
Belajar membaca tanda-tanda kenaikan gula darah pada tubuh. Jika merasa sangat kehausan, buang air kecil yang terlalu sering, sangat lapar, berat badan turun, suasana hati yang naik turun, kelelahan, dan mual bisa jadi gula darah meninggi.
4. Beristirahat yang cukup
Pola tidur yang buruk serta kurangnya jam tidur bisa mempengaruhi penderita diabetes. Orang berusia lanjut ternyata juga membutuhkan jam tidur 7-9 jam per hari. Sayangnya, banyak yang mengalami susah tidur atau sering terbangun kemungkinan besar akibat kurangnya produksi melatonin (hormon yang membantu tidur) atau sensitivitas terhadap suara. Olahraga teratur bisa membantu mempermudah tidur.

Makanan

1. Makan teratur
Jangan melewatkan waktu makan atau makan lebih lama dari jadwal makan yang telah disusun. Gula darah bisa turun yang bisa berakibat fatal. Atur dan patuhi jadwal makan setiap harinya. Mengonsumsi karbohidrat yang berubah menjadi glukosa dalam interval regular bisa membantu kenaikan gula darah.
2. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah
Selain membantu pencernaan, serat dalam sayur dan buah juga mengandung mineral baik untuk menjaga kesehatan. Pastikan untuk mengonsumsi buah alami bukan jus atau manisan. Seperti makanan lainnya, buah juga mengandung karbohidrat jadi pastikan untuk cek makanan terlebih dahulu.
3. Makanan berglikemik rendah
Indeks glikemik mengacu pada tingkatan makanan berdasarkan efek langsung pada kadar glukosa dalam darah. Makanan berglikemik rendah tidak akan menstimulasi pankreas untuk memproduksi terlau banyak insulin. Makanan seperti yoghurt rendah lemak, roti gandum, buah, dan sayur harus dimasukkan dalam menu makanan.

Kebiasaan Buruk

1. Kurangi rokok
Nikotin pada rokok membuat pembuluh darah menyempit dan mengeras yang menghambat peredaran darah. Diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung sehingga rokok sangat tidak dianjurkan bagi penderitanya.
2. Kurangi alkohol
Segelas wine atau bir sehari memang tidak berbahaya. Namun, perlu diingat bahwa alkohol biasanya mengandung kadar gula tinggi sehingga jika mengonsumsi terlalu banyak bisa berefek buruk pada kadar gula darah.
Penderita diabetes juga cenderung mudah terkena inkontinensia urin yang menyebabkan mereka harus bolak-balik kamar mandi. Popok dewasa Confidence membantu mengurangi intensitas ke kamar mandi dan memberikan rasa nyaman pada senior. Confidence model celana bentuknya pas di badan dan tidak menggelembung saat digunakan. Jadi, aktivitas apapun tetap nyaman menggunakan Confidence.
Popok dewasa confidence ada dua tipe yaitu tipe perekat dan tipe celana. Untuk tipe celana memiliki bahan yang lembut dan jika dipakai pas di badan serasa pakai celana dalam biasa. Popok celana biasa digunakan pada saat menjalankan aktifitas harian agar tidak terganggu dengan masalah buang air kecil sehingga tidak perlu cape untuk ke  toilet dan bebas beraktifitas dimana saja.
Untuk popok dewasa tipe perekat ada 2 jenis yaitu classic dan premium. Untuk tipe classic sebaiknya digunakan untuk kebutuhan siang hari dan untuk tipe premium cocok digunakan untuk malam hari agar orang tua Anda dapat beristirahat dengan nyaman tanpa terganggu dengan urusan buang air kecil.
Popok dewasa Confidence tipe perekat premium merupakan yang pertama di indonesia dengan 3 inovasi yaitu berbahan clothlike (selembut kain) yang bersirkulasi udara di bagian permukaan depan produknya sehingga terasa lebih sejuk dan tidak menyebabkan iritasi. Selain itu popok ini juga mengandung ekstrak aloevera yang membuat terasa lebih lembut di kulit serta memiliki daya serap extra cepat sehingga permukaannya tetap kering dan nyaman.

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp