merawat orang tua

5 Rahasia Membangun Komunikasi dengan Kesayangan

#Food, #Health
Selama merawat orang tua dengan usia yang sudah terbilang senja, miskomunikasi bisa menjadi salah satu hal yang dapat membuat Caring People kelelahan. Terlebih lagi apabila Kesayangan mempunyai penyakit tambahan yang membuat merawat orang tua lebih 'challenging' karena mereka sulit menyampaikan pesan dan melakukan sesuatu.

Perbedaan persepsi antara Kesayangan dan Caring People berpotensi menimbulkan kesalahpahaman dan ketidaksepakatan. Oleh karena itu, merawat orang tua dengan mengedepankan poin komunikasi dibutuhkan kesabaran ekstra dan waktu yang lebih untuk memahami Kesayangan dan membuat orang tua bahagia.

Confidence sebagai The Expert of Adult Care akan memberikan tips berkomunikasi dengan Kesayangan supaya Caring People dapat merawat orang tua dengan maksimal.

Menempatkan Diri Pada Posisi Kesayangan
Tantangan seperti gerakan lambat dan lupa menyebabkan kita sebagai perawat sering merasa lelah dan frustasi, bahkan sampai mengeluarkan kata “menyerah” saat merawat orang tua. Hal tersebut dapat dihindari dengan menempatkan posisi kita pada Kesayangan untuk sementara waktu.

Langkah pertama bisa dengan sekedar mengucapkan “Mungkin jika aku seperti mereka, aku juga akan merasakan hal yang tidak enak. Tapi aku yakin ibu/bapak pasti bisa melewatinya”. Memikirkan hal tersebut dapat menimbulkan perasaan simpatis bagi Kesayangan.

Meminta Dengan Baik Dibanding Memerintah
Dengan memberikan mereka ruang kontrol, Kesayangan akan merasa dihargai. Berikanlah mereka perbandingan untuk hal-hal yang perlu mereka lakukan. Misalnya: ketika kita ingin memberikan mereka makan, sebaiknya kita tanyakan terlebih dahulu kemauan mereka, “Apakah bapak/ibu ingin makan dengan sayur sop atau sayur bening?” Menanyakan hal tersebut akan membuat hati mereka lebih tidak tertekan dibandingkan dengan Caring People mengatakan “Hari ini bapak/ibu makan sayur sop ya”.

Gunakan Kata-Kata Sopan
Menurut studi, kata perintah sulit untuk didengar oleh banyak orang yang menyebabkan respon yang kurang baik juga. Perintah seperti “Harus olahraga!” Harus makan sehat!” bisa membuat momen merawat orang tua kurang mengenakan dan menyebabkan Kesayangan berpikir untuk berargumen, menghindar atau bersikap keras kepala. Sebaiknya, kita perlu mengganti kalimat tersebut dengan “Yuk pak/bu kita olahraga hari ini” atau “Bapak/ibu saya sudah siapkan makanan sehat, nanti kita makan bersama ya”.

Perbedaan kalimat yang kita gunakan saat merawat orang tua ini pasti akan mengubah sikap Kesayangan menjadi lebih tenang dan rileks yang membuat komunikasi menjadi lebih lancar.

Pastikan Suasana Nyaman
Suara bising juga menjadi salah satu kendala saat menjalin komunikasi yang baik dengan Kesayangan. Pastikan saat Caring People dan Kesayangan sedang berkomunikasi, tidak ada suara bising yang mengganggu percakapan, seperti suara radio, televisi dan suara kendaraan dari luar ruangan. Kemudian, jika sedang berkomunikasi dengan Kesayangan, mendekatlah dan tatap wajah mereka, agar komunikasi dapat terbangun lebih intens.

Berikan Pilihan Saat Memungkinkan
Banyak dari Kesayangan yang ingin mempertahankan kemandirian mereka, karena pada dasarnya mereka hanya ingin tetap memiliki kontrol atas diri mereka sendiri. Jadi tidak ada salahnya jika merawat orang tua dengan tetap memberikan mereka pilihan yang terbaik untuk mereka pilih.

Sebagai contoh Caring People bisa menanyakan popok dewasa mana yang mereka ingin gunakan, “Kira-kira bapak/ibu ingin menggunakan  popok dewasa Confidence Classic Night atau Premium Night?” Jangan lupa juga untuk memberikan penjelasan lebih mengenai popok dewasa tersebut agar Kesayangan tahu popok dewasa mana yang benar-benar nyaman untuk mereka gunakan.

Popok dewasa Confidence Classic Night dengan bahan selembut kain serta SAP anti bakteri mampu memberi kenyamanan untuk pengguna pada malam hari. Sedangkan popok dewasa Confidence Premium Night dengan adanya diamond core technology yang dapat menyerap cepat dan rata cairan urin, membuat kesayangan dapat nyaman semalaman. 




Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp