kebocoran urin pada lansia

5 Cara Mudah Jaga Kesehatan Kandung Kemih

#Health
Jantung, ginjal dan paru-paru merupakan organ tubuh bagian dalam yang sering Anda jaga kesehatannya, namun tahukah Anda ada organ tubuh lain yang jarang menjadi perhatian saat melakukan olahraga. Bagian tubuh tersebut adalah kandung kemih. Organ berongga pada sistem ekskresi manusia ini bertugas untuk menampung cairan yang telah disaring oleh ginjal dan akan dikeluarkan sebagai urin. Seiring bertambahnya usia, kondisi kandung kemih juga akan berubah dan fungsinya semakin menurun.
 
Sama seperti organ tubuh lainnya, Anda juga wajib menjaga kesehatan kandung kemih. Sebab jika tidak, bakteri yang masuk ke uretra dapat menginfeksi saluran urin. Maka dari itu, sangat penting menjaga kesehatan kandung kemih dengan melakukan beberapa hal sederhana yang sering terlupakan berdasarkan anjuran National Institute on Aging berikut ini:
 
  1. Penuhi Kecukupan Cairan
Faktanya secara medis, tubuh kita memerlukan air atau cairan yang berguna untuk memproses pencernaan, penyerapan zat atau kandungan makanan untuk energi, sirkulasi darah atau pencernaan dan lainnya, transportasi nutrisi, memproduksi cairan atau air ludah, serta mempertahankan suhu tubuh dan menjaga kesehatan kandung kemih. Normalnya manusia membutuhkan setidaknya 8 gelas air putih per hari, namun akan berbeda pada beberapa kondisi medis tertentu.
 
  1. Menjaga Berat Badan
Semakin berat badan tubuh Anda, maka timbunan lemak dalam tubuh akan terus menekan kandung kemih. Akibatnya, urin akan semakin terdesak dan membuat Anda susah mengendalikan hasrat buang air kecil. Hal itu yang menyebabkan kandung kemih menjadi tidak sehat. Oleh karena itu, jaga berat badan Anda dengan cara olahraga, memperbanyak makan sayur dan buah, serta memantau berat badan secara rutin. Selain membuat Anda tetap bugar, menjaga berat badan juga mencegah terjadinya inkontinensia urin.
 
  1. Berhenti Merokok
Salah satu faktor risiko utama dalam kasus kanker kandung kemih ini adalah penggunaan tembakau atau merokok. Perokok biasanya memiliki risiko 2-3 kali lebih tinggi terkena kanker kandung kemih dibandingkan orang yang tidak merokok. Kandung kemih seseorang yang merokok, akan terpapar zat karsinogenik secara terus menerus. Paparan tersebut bisa memicu mutasi pada sel kandung kemih, sehingga berisiko menyebabkan kanker kandung kemih.
 
  1. Rutin Melakukan Senam Kegel
Rutin senam kegel merupakan salah satu cara menjaga kesehatan kandung kemih yangpaling efektif. Gerakan senam ini memiliki banyak manfaat, mulai dari menguatkan otot panggul yang menopang organ-organ di area tersebut, meningkatkan kontrol kandung kemih hingga mencegah terjadinya inkontinensia urin.
 
  1. Hindari Menahan Buang Air Kecil
Jika Anda memiliki kebiasaan menahan buang air kecil sebaiknya dihentikan mulai sekarang. Buang air kecil membantu Anda untuk membuang bakteri, namun jika Anda menahannya maka bakteri yang seharusnya dibuang akan kembali naik ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi. Biasanya wanita sangat rentan terhadap infeksi saluran kencing. Kondisi ini, akan semakin parah kalau Anda terus menerus menahan kencing. Setiap hasrat ingin buang air kecil muncul, segeralah keluarkan urin hingga tuntas.
 
Namun, jika Anda kini telah mengalami inkontinensia urin, gunakan Confidence Popok Celana dengan desain slim & fit yang membuat penggunanya serasa menggunakan celana dalam biasa. Confidence Popok Celana juga dilengkapi dengan pelindung samping yang memberi perlindungan ganda dari kebocoran sehingga aktivitas Anda dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp